Rabu, 12 September 2012

Nisa Belajar Membuat Kalimat

Nisa tidak pernah menggunakan kalimat yang baik ketika mengungkapkan sesuatu. Awalnya kebiasaan ini dibiarkan, terutama oleh orang-orang rumah. Misalnya, ketika dia ingin minum susu, Nisa cukup berkata, "Susu!" dan semua orang rumah tahu bahwa dia menginginkan susu. Pengasuh langsung ke dapur dan membuatkan susu. Begitu pula ketika dia ingin kencing, Nisa hanya berkata "Pipis!" lalu masuk ke kamar mandi. 

Hal-hal semacam ini bagi anak autis memang sering terjadi. Kebanyakan mereka memiliki perbendaharaan kata yang sangat banyak namun kesulitan untuk menggunakannya. Selain itu mereka juga punya perilaku membeo (kecenderungan untuk menirukan apa yang diucapkan orang). Nisa akan membeo kalau dia tidak tahu harus menjawab apa.

Tugas ini begitu sulit pada awalnya. Saya sampai patah hati berkali-kali mengajari Nisa mengucapkan kalimat dengan baik. Untunglah dia anak yang cerdas sehingga dengan latihan yang rutin, Nisa bisa menguasai materi. Nah belakangan ini, di sekolah, Nisa belajar membuat kalimat-kalimat sederhana seperti "Ibu pergi ke pasar", "Bapak membaca koran", dsb. 

Yang unik di sini adalah Nisa tidak menggunakan nama-nama yang selayaknya. Dia menggunakan istilah-istilah komputer dan game untuk menamai subyeknya seperti Maya II, Gamma Core, Dorsal Minor, dsb. Haha saya jadi geli sendiri sebenarnya, tapi tidak masalah. Nisa punya keinginan untuk belajar dengan baik meski dengan cara yang aneh.

Kalian ingin tahu apa yang dia tulis saat saya memintanya membuat 10 kalimat sederhana? Simak yang berikut ini:
  1. Viceroy VII minum vitamin
  2. Gamma Core makan burger
  3. Lexicon Delta pergi ke kampus
  4. Dorsal Minor mencuci sepeda
  5. Verintria XII memasak nasi goreng
  6. Maya II sedang melukis
  7. Viragoceti merusak tirai
  8. Gamma Core membersihkan kamar
  9. Viragoceti lari seperti kuda
  10. Channon Doa bermain tangram X
Hahaha, begitulah.. Tidak masalah buat saya. Justru saya banyak tahu istilah-istilah game yang dia mainkan untuk mengambilalih konsentrasinya. Nisa mungkin akan cuek ketika bertemu orang dan orang itu tidak menarik buatnya. Tapi ketika orang tersebut mengetahui istilah-istilah yang ada dalam komputer, maka Nisa akan mendekati orang itu dan dengan sukarela memperhatikan :))





Tidak ada komentar:

Posting Komentar