Rabu, 30 Januari 2013

Kolaborasi

Masih ingat Nisa? Ya, klien saya yang berusia tujuh tahun dan seorang penyandang autis. Nisa suka sekali menggambar. Gambarnya bisa dibilang bagus karena Nisa tergolong anak yang menggambar tanpa pengulangan garis atau melakukan penghapusan. Nah, masalahnya dulu, Nisa hanya menggambar bagian-bagian benda saja. Antara gambar satu dengan yang lainnya tidak berkesinambungan. 

Belakangan, sejak saya bawakan dia buku-buku cerita bergambar yang kami baca setiap sore, ada kemajuan yang signifikan dalam gambar-gambarnya. Nisa mulai menggambar sesuatu yang bisa dinarasikan sebagai sebuah cerita. Ia jarang menggambar obyek-obyek yang sifatnya berdiri sendiri. 

Saya terkejut ketika menemukan gambar-gambar di lacinya, lalu saya ajak dia mewarnai. Tapi, Nisa menolak. Akhirnya, saya yang mewarnai dengan komando dari dia. Hampir semua warna adalah pilihan Nisa. Yuk kita lihat hasil karya Nisa yang saya abadikan kemarin sore.

Guruh & Ikbal (nama teman sekelas Nisa)

Salju di Hari Natal


Dua ekor kodok betina

Siluman kerbau dan peri :p

Nisa & Dany piknik ke pantai


Tidak ada komentar:

Posting Komentar